selamat datang di blog kami

Selamat datang di blog kami

Sabtu, 09 Juli 2011

Unsur-unsur Lingkungan Alam

Lingkungan alam merupakan ruang dengan segala isinya yang mempengaruhi kehidupan dan kesejahteraan manusia.  Manusia hidup di bumi tidak sendirian, melainkan bersama makhluk hidup lain yaitu hewan dan tumbuhan dimana antara manusia dan makhluk hidup lain memiliki kaitan yang erat. Hidup manusia terkait erat dengan mereka. Selain makhluk hidup, di sekeliling kita juga terdapat benda mati, seperti tanah, air, udara, dan sebagainya yang menjadi tumpuan hidup kita semua. Manusia, hewan, tumbuhan, dan berbagai benda mati berperan sebagai unsur-unsur makhluk hidup. Adapun unsur-unsur lingkungan alam antara lain:
a)           Unsur Fisik (abiotik)
Unsur  fisis  adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda mati seperti tanah, air, udara, batu, awan, laut, dan lain-lain. Unsur ini berpengaruh vital terhadap makhluk hidup. Fungsi unsur  fisik dalam lingkungan hidup adalah sebagai media untuk berlangsungnya kehidupan. Sebagai contoh, air diperlukan oleh tumbuhan untuk mengalirkan zat-zat makanan. Matahari merupakan sumber energi utama yang diperlukan tumbuhan  untuk mengolah makanannya. Jika unsur- usur  tersebut tidak ada, maka aktivitas tumbuhan akan terhambat. Tumbuhan merupakan sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya. Jika aktivitas tumbuhan  terhambat, maka aktivitas semua kehidupan  yang ada dimuka bumi juga akan terhambat. Jadi makhluk hidup sangat tergantung dari keberadaan unsure fisik tersebut
b)           Unsur Biotis
Unsur biotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik (mikroorganisme). Interaksi antar makhluk hidup berbentuk seperti siklus (rantai makanan). Tumbuhan memperoleh unsur hara atas bantuan jasad renik, tumbuhan dimakan hewan dan manusia, lalu setelah hewan dan manusia mati akan diuraikan oleh jasad renik menjadi unsur hara. Interaksi ini sangat dipengaruhi oleh unsur abiotik.
c)           Unsur  Sosial Budaya
Unsur sosial budaya adalah lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia dan merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam berperilaku sebagai makhluk sosial. Seperti, bangunan, karya seni, dan tatanan kelembagaan sosial. Unsur ini berperan dalam perubahan lingkungan demi memenuhi kebutuhan hidup manusia.
d)          Unsur-unsur abstrak
Unsur-unsur abstrak ini meliputi bentuk dan wilayah, lokasi tempat, jarak antar tempat. Sebagai contoh antara lain adalah pola kehidupan antara dataran rendah dengan kehidupan yang ada dipegunungan sangat berbeda. Wilayah dataran rendah pada umumnya tanah relatif luas. Akibatnya, sarana dan prasarana mudah dibangun, tanahnya relatif subur, dan mempunyai cadangan air yang cukup banyak. Semua itu mendukung pertumbuhan daerah dataran rendah menjadi sebuah kota. Selain itu, juga mengakibatkan mata pencaharian penduduk lebih bervariasi Sedangkan di daerah Terjadinya pola permukiman memanjang dipengaruhi oleh faktor kesuburan tanah dan ketersediaan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar